Monday, November 24, 2008

Khasiat Teh Merah Rosella

Kelopak bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L) dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirup atau teh atau bahan selai untuk makanan. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A dan Asam Amino yang diperlukan tubuh. 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosella, termasuk argimin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosella juga mengandung protein dan kalsium. Bahan penting lainnya yang terkandung dalam bunga Rosella adalah gossy peptin, anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik.

Kandungan teh merah bunga Rosella yang bermacam-macam menyebabkan khasiatnya pun bermacam-macam, diantaranya bersifat detoksifikasi atau menetralkan racun, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, meredakan batuk kronis, maag menahun, menghambat tumbuhnya kanker, menjaga stamina, menurunkan kolesterol dalam darah, menyehatkan mata, menyeimbangkan berat badan, mengurangi panas dalam dan susah BAB, menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati, mengurangi pusing (migran), mengandung multivitamin termasuk vitamin C dan Beta Karoten, membantu memulihkan dari ketergantungan obat.


Uji Farmalogi di negara Senegal, merekomendasikan bubuk atau Teh Rosella / Callyx Rosella bermanfaat menurunkan tekanan darah. Mekanisme kerja senyawa aktifnya membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat fiskositas (kekentalan) darah, dengan begitu kerja jantung memompa darahpun semakin ringan dan otomatis tekanan darah rendah. Semua itu tak lepas dari peran asam organik polisakarida dan flafonoid yang terkandung di dalamnya. Tahun 1962, Syaraf Ilmuwan Senegal mengumumkan bahwa Extrak Rosella berfungsi sebagai anti pasmodeo. Anthalmetic dan Antibakteri sementara uji praklinis pada unggas menunjukkan bahwa Extrak Sari Rosella menurunkan tingkat Obsorsi alkohol dalam tubuh, merupakan penyembuh favorit bagi pecandu alkohol dan mengurangi ketergantungan obat-obatan. Karena itu di Amerika, Food and Drug Nutrition merekomendasikan Extrak Callyx Rosella sebagai penawar peminum alkohol.


Cara Membuat


Membuat minumannya sangat mudah. 5-7 kelpok bunga diseduh dengan air panas, tunggu 5 menit, lalu air teh merah Rosella pun siap diminum. Rasa dari minuman ini seperti asam jawa. Bagi yang memiliki maag, harus hati-hati dengan menambahkan kadar air. Jika mau, boleh ditambahkan gula. Tapi untuk kesehatan, sebaiknya digunakan madu sebagai pemanis. Selamat Mencoba.

1 comment:

mei said...

Bagus dech artikel dan iklan ini… tapi masih ada yang lebih mantap dari iklan ini… ada di http://rosellamerah.wordpress.com/ dan saya pernah beli pada penjual tersebut… bunganya bagus dan murah.. serta pengirimannya tepat waktu