Friday, November 28, 2008

TAHAPAN COACHING

Metode GROW dari John Whitmore penulis buku Coaching for Performance, layak dicoba :

G=Goal Setting

Tetapkan sasaran jangka pendek maupun panjang

Persiapkan hal-hal yang ingin didiskusikan. Kumpulkan informasi mengenai target (kualitas, kuantitas dan tenggat waktu). Apa yang ingin dicapai? Kapan target ini akan dicapai? Seberapa besar anda memiliki control terhadap pencapaian target? Dan apakah sasaran cukup menantang namun sekaligus realistis?

R=Reality Checking

Pahami dan pelajari situasi yang ada saat ini

Jalin komunikasi dua arah. Dengarkan pendapat dan keluhannya secara seksama. Fokuskan pada apa yang anda ketahui dan mencari solusi bersama-sama. Pahami juga keadaan mental, emosi, motivasi dan antusiasme karyawan yang dibimbing, agar anda lebih mengerti apa yang sedang dihadapinya

O=Options

Kenali berbagai strategi atau pilihan yang dapat dilakukan.

Fokuskan bagaimana memecahkan atau mengatasi masalah tersebut. Berdayakan bawahan untuk terlibat dalam hal-hal yang berdampak pada dirinya. Ajarkan, berikan contoh, dan berikan kesempatan mengamati supaya dapat membangun keahlian tertentu.

W=will-what-when-whom

Tetapkan langkah dan tindakan nyata yang akan dan harus dilakukan.

Sediakan feed back tepat pada waktunya dan seimbang isinya, dukung upaya dan kemajuan karyawan. Lakukan evaluasi dengan mengulang kembali hasil pertemuan sebelumnya. Baca catatan anda dari hasil pertemuan-pertemuan sebelumnya. Perhatikan kemajuan mana yang sudah terlihat dan yang belum.

No comments: