Friday, August 1, 2008

Mangga Menenangkan Pencernaan

Memasuki musim kemarau, mangga mulai banyak dijual di pasaran. Rasanya yang manis membuat banyak orang memburunya. Lantas bagaimana nilai gizinya?

Mangga, seperti juga pepaya, mengandung banyak betakaroten. Warna oranye dari daging buah inilah yang menjadi sumber penghasil betakaroten. Mangga juga mengandung banyak vitamin C. Ia pun berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

Mangga juga mengandung vitamin E, besi dan seng. Selain itu mangga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Buah beraneka jenis tersebut juga memberikan efek detoksifikasi. Tandanya, tekstur kulit membaik, kerutan berkurang dan kulit makin cerah. Selain itu, buah berbiji tunggal tersebut bermanfaat untuk memperkuat kuku.

Enzim papain di dalam mangga dapat mencerna protein. Enzim ini berfungsi membersihkan, menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan usu, terutama bagi mereka yang sering mengalami kesulitan buang air besar. Mangga, yang mengandung banyak vitamin C tak jarang rasanya terlalu masam, oleh karena itu bagi mereka yang pencernaannya tidak terlalu kuat, hindari makan mengga terlalu banyak karena tak jarang memicu diare.

No comments: