Monday, October 13, 2008

Bijak Tentukan Asuransi Kesehatan yang Tepat

Sudah sewajarnya kita memprioritaskan kesehatan dalam kehidupan kita karena tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Tidak sedikit orang yang merelakan segala apa yang dimilikinya demi kesembuhan penyakit yang dideritanya. Untuk menghindari hal itu tentu kita harus selalu menjaga tubuh kita dengan cara hidup yang sehat dan mempersiapkan perlindungan diri sebaik mungkin dengan asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhan adalah suatu tindakan yang bijak, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Satu hal yang perlu dipikirkan adalah saat kemungkinan terburuk terjadi, apakah kita sudah siap menghadapinya?
Perhatikan hal-hal berikut untuk sebelum memilih asuransi kesehatan:
Perlindungan apa yang kita butuhkan? Pertama-tama tentukan jenis perlindungan yang dibutuhkan, apakah dalam bentuk asuransi jiwa atau asuransi kesehatan untuk menutupi biaya perawatan di Rumah Sakit seandainya kita perlu dirawat inap.
Seberapa besar? Setelah menentukan apakah kita akan membeli produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau keduanya sekaligus, tetapkan seberapa besar uang pertanggungan. Semakin besar uang pertanggungan, semakin besar juga premi yang harus dibayarkan secara rutin. Seringkali banyak kesalahan yang sering dilakukan adalah membayar premi yang sangat tinggi untuk perlindungan yang sebenarnya tidak sesuai dengan keadaan keuangan kita.
Fitur manfaat tambahan. Untuk perlindungan berupa asuransi jiwa, kita dapat memilih fitur manfaat tambahan (riders), seperti program waiver of premium. Ini adalah fitur yang akan membayarkan premi, apabila kita menderita penyakit kritis ataupun mengalami cacat tetap dan total.
2-in-1. Sekarang ini ada banyak pilihan produk asuransi yang digabung dengan investasi, atau sering disebut sebagai Unit Linked atau Investment Linked. Keuntungan dari produk ini adalah kemudahan untuk mendapatkan manfaat perlindungan yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan tingkat pengembalian yang bisa diterima. Investasi yang dipilih sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan profil resiko kita.
Cari Informasi. Banyak bertanya tentang program yang kita miliki dan pelajarilah dengan cermat.

No comments: