Thursday, September 18, 2008

Asupan Vitamin Cegah Kelelahan

Sering kali kita merasa lemas dan tak bergairah untuk beraktivitas, hal ini mungkin salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin ke dalam tubuh kita. Kita tahu bahwa fungsi vitamin di dalam tubuh sebagai pengatur dari zat gizi lain sehingga dapat berperan dengan maksimal. Untuk itu kecukupan akan vitamin sangat perlu.

Asupan vitamin yang berperan untuk mencegah tubuh tidak terasa lelah adalah vitamin A, C, Thiamin, Niacin dan E.

Vitamin A seperti hati, buah yang berwarna kuning atau merah (tomat, wortel dan pepaya) dapat menjaga daya tahan tubuh dan kebugaran. Untuk fungsi vitamin C dapan mencegah kelelahan, karena prinsip vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sumber vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan. Buah yang cukup tinggi sumber vitamin C adalah jambu biji.

Sedang Thiamin (vitamin B1) dan Niacin (vitamin B3) berfungsi untuk membantu proses pencernaan karbohidrat menjadi energi. Sumber Thiamin seperti hati, biji bunga matahari, padi, biji-bijian, kacang polong, semangka, oatmeal, tepung terigu. Vitamin B1 juga banyak terdapat pada beras pecah kulit. Beras pecah kulit ini kadang tidak disukai oleh masyarakat karena warnanya yang kecoklatan. Masyarakat banyak yang suka memilih beras yang telah digiling, padahal isi kandungan vitamin B1 beras giling lebih rendah dibandingkan beras pecah kulit. Niacin dapat diambil dari sumber makanan seperti daging unggas, ikan, roti, biji-bijian, jamur, asparagus, sayuran hijau.

Sedangkan vitamin E mempunyai fungsi juga sebagai daya tahan tubuh dan kebugaran. Sumber vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan, taoge dan ikan laut.

No comments: