Tuesday, September 9, 2008

Air Putih Turunkan Resiko Sakit Jantung

Air putih disebut-sebut bisa menurunkan resiko sakit jantung.  Hal ini sudah dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Loma Linda Unversity di California.  Hasil riset menyebutkan bahwa orang yang minimal minum 5 gelas air putih per hari lebih jarang meninggal dunia akibat serangan jantung, dibandingkan dengan orang yang minum air kurang dari 2 gelas seitap harinya.

Sedangkan orang yang mengonsumsi minuman selain air putih beresiko meninggal akibar serangan jantung, deibandingkan dengan yang sedikir.  Mengapa?  Hasil studi yang sudah diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah.  Hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah.  Jadi resiko serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun berkurang.  Sebaliknya minuman lain akan mempertebal pembuluh darah.  Pasalnya setelah dicerna, bahan ini akan mengandung konsentrasi yang sama dengan darah.  Berbeda halnya dengan aspirin dan alkohol yang bisa menurunkan resiko serangan jantung, tetapi disertai dengan masalah kesehatan yang lain.

So! sebaiknya kita banyak minum air putih saja -tentunya air putih yang higienis- supaya kesehatan kita dapat dijaga dan paling tidak meminimalkan resiko dari efek samping minuman yang bermacam-macam.  Katanya sih usahakan supaya kita dapat minum air putih minimal 2 liter per hari, supaya lebih optimal untuk kesehatan tubuh.

No comments: