Saturday, July 12, 2008

3 Tanda Karier Meningkat


Pemberian promosi, kenaikan gaji, bonus dan penawaran saham bukanlah satu-satunya tanda karier Anda berkembang. Karen Hanen, pelatih dan pemimpin karier di Calabasas, California, menyatakan, indikator peningkatan karier bila Anda "diminta", "tampak", dan "dilibatkan".
  1. Anda "diminta". Pertanda positif bila rekan sekerja atau klien Anda mau bekerja sama dengan Anda. Itu artinya mereka menghargai bakat dan keahlian Anda. "Klien tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan mereka yang tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. hal yang sama berlaku pada rekan sekerja, manajer dan karyawan lainnya".
  2. Anda "tampak". Hanen juga mengatakan, pemberian tugas yang menantang dengan kesulitan tinggi juga merupakan langkah awal mendapatkan promosi dan kenaikan gaji. Juga jika seandainya atasan Anda mendapatkan 40 e-mail dan menjawab Anda lebih dulu.
  3. Anda "terlibat". Satu lagi tanda rahasia karier Anda sedang menanjak adalah apa yang disebut oleh Hanen sebagai "faktor pelibat". Apakah Anda dilibatkan dalam jaringan komunikasi formal seperti halnya komunikasi informal di dalam departemen atau organisasi Anda?
Pelibatan dalam pertemuan penting, mungkin juga saat makan siang atau makan malam dan fungsi-fungsi bisnis lainnya, menunjukkan bahwa nama Anda dikenal dan reputasi Anda meningkat. Apabila Anda pernah diundang menghadiri pengembangan fungsi kepemimpinan atau profesional bersama dengan mereka yang posisinya telah senior, itu berarti Anda mendapat pujian.

Terlebih lagi, jika manajer Anda secara konsisten meminta opini Anda, memberi umpan balik dan melibatkan Anda dalam percakapan santai atau bahkan pertemuan mendadak, Anda harus menganggap semua itu sebagai tanda peningkatan karier.

No comments: