Friday, July 18, 2008

Rahasia Sukses Menabung

Menabung itu tindakan sederhana nan bijak. Walaupun terlihat gampang, kenyataannya banyak orang gagal menabung karena mungkin belum mengetahui rahasianya. Berikut beberapa triks yang mudah-mudahan bisa digunakan supaya sukses dalam menabung.

  1. Tentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin Anda capai. Misalnya, tabungan akan digunakan untuk membeli motor dalam tiga tahun mendatang, menukar mobil dalam dua tahun mendatang, atau sebagai dana persiapan menikah enam tahun ke depan.
  2. Buka rekening khusus, yang sama sekali terpisah dengan rekening keperluan sehari-hari. Agar tidak campur aduk antara kepentingan belanja dengan kepentingan menabung.
  3. Susunlah anggaran. Dengan anggaran itu akan terbaca berapa dana yang habis digunakan untuk keperluan sehari-hari, dan berapa sisa dana yang masih dapat digunakan untuk menabung.
  4. Sisihkan pendapatan Anda secara rutin untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Misalnya, 10% dari total pendapatan. Persentase bisa bervariasi, bisa 5%, 15%, bahkan 25%, sesuai kebutuhan dan kemampuan.
  5. Masukkan ke dalam rekening tabungan, bila suatu saat Anda mendapat penghasilan di luar pendapatan rutin.
  6. Berkomitmen dan disiplin. Tanpa dua hal ini, betapa pun tinggal semangat Anda menabung, hasilnya pasti tidak akan kelihatan. (Firdaus Siagian, di Bandung)

No comments: