Wednesday, July 16, 2008

Minuman dan Makanan Sehat untuk Hiperkolesterolemia (Kelebihan Kolesterol)


Alpukat

Konsumsi 1/4-1/2 buah alpukat setiap hari. Buah ini mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dari buah lainnya. Lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Lemak alpukat membantu menurunkan kadal kolesterol "jahat" LDL sekaligus meningkatkan kolesterol "baik" HDL. Sehingga menekan resiko stroke dan serangan jantung. Konsumsi alpukat terus menerus juga dapat menurunkan kolesterol total, sekaligus mempertahankan kepadatan HDL (high density lipoprotein) alias kolesterol "baik".

Apel

European Journal of Clinical Nutrition melaporkan, orang yang makan satu buah apel (54-71 g) setiap hari memiliki resiko lebih rendah terkena stroke. Efek itu diduga dari beberapa asam-sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas- dalam buah apel. Apel bisa dikonsumsi sebagai buah segar atau dibuat jus.
Banyak penelitian mengungkapkan, buah apel kaya serat, fitokimia dan flavonoid. Fitokimia berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol "jahat" LDL. Antioksidan mencegah sel-sel atau jaringan pembuluh darah, sekaligus meningkatkan kolesterol "baik" HDL.

Wedang Melon dan Anggur

Bahan: buah melon, 1/2 gelas air, 1/2 gelas gula pasir, 3/4 gelas sari jahe, 200 g anggur hijau. Cara membuat: melon dibentuk bulat-bulat kecil, masukkan dalam lemari es hingga dingin. Lalu campurkan air, gula dan sari jahe, didihkan hingga gula hancur. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es, setelah itu campurkan anggur yang telah dicuci bersih dengan melon dan larutan gula jahe. Untuk terapi, lakukan 3 kali seminggu.

Anggur

Konsumsi anggur setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Pektin dalam anggur berperan dalam hal ini.

Jus Bayam

Konsumsi jus bayam segelas sehari. Bayam kaya mineral besi, karoten, klorofil, sumber vitamin C dan kalium.

Buah Jeruk

Jeruk bisa dikonsumsi sebagai buah segar atau dibuat jus. Buah jeruk lemon memiliki kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol.
Serat dalam buah jeruk (jeruk umumnya) membantu menurunkan kolesterol darah. Bisa disantap sebagai buah segar atau dibuat jus.

No comments: