Monday, July 14, 2008

Semangat


Pada suatu ketika, sekelompok katak bergerak melintasi hutan. Tiga ekor di antara katak tersebut lalu jatuh ke dalam sebuah lubang. Dan semua katak lainnya mengelilingi lubang tersebut. Mereka berseru kepada ketiga ekor katak tersebut bahwa mereka lebih baik mati, karena lubang itu terlalu dalam.
Ketiga katak tersebut pada awalnya tidak mepedulikan komentar-komentar mereka dan mencoba keluar dari lubang. Mereka bertiga berusaha dengan segala kemampuan yang ada pada diri mereka, tetapi katak-katak lainnya yang berada di atas tetap berseru agar mereka bertiga berhenti melompat dan lebih baik mati.
Akhirnya, salah satu dari ketiga ekor katak yang ada di dalam lubang tersebut mendengar seruan katak-katak lain dan menyerah. Ia terjatuh dan mati. Dua ekor katak yang tersisa tetap berjuang, namun melihat hasilnya masih nihil dan melihat salah seekor temannya mati, seekor katak yang masih tersisa pun akhirnya menyerah. "Lebih baik mendengar seruan mereka yang ada di atas sana, karena saya sudah mencobanya dan terbukti memang sulit," pikirnya.
Akan tetapi, seekor katak yang terakhir tetap berjuang. Semakin banyak seruan untuk menyerah dari katak-katak lainnya, semakin ia bersemangat dan berusaha keras dengan sekuat tenaga ia kerahkan. Dan akhirnya, lewat perjuangannya itu ia berhasil keluar dari lubang.
Ketika sampai di atas, seekor katak lain bertanya kepadanya, "Apakah kau tidak mendengar teriakan kami?" Lalu katak itu (dengan membaca gerakan bibir katak yang lain) menjelaskan bahwa ia tuli. Mereka pun sadar bahwa ketika katak tersebut berada di bawah tadi, mereka dikira sedang memberikan semangat kepada katak yang tuli tersebut.
Yup begitulah cerita yang saya kutip dari bukunya Happy Sugiarto Tjandra, Look Who's Laughing Tertawalah Sebelum Anda TERMOTIVASI yang bermakna bahwa
Semangat merupakan kekuatan vital yang memberi tenaga pada kekuatan pikiran dan tubuh kita. Semangat adalah salah satu emosi manusia yang terbesar, yang secara otomatis akan menjamin kita memiliki pandangan positif. Namun, semangat juga harus dilandasi dengan pengetahuan yang cukup. Sering kali kita melihat kesulitan dialami oleh orang-orang yang bersemangat tinggi tetapi ternyata mereka gagal mengatasinya, Jawabannya adalah karena mereka tidak dilandasi dengan pengetahuan dan pengarahan yang benar. To be continue to "Semangat 2"

No comments: