Thursday, July 17, 2008

Cegah Telapak Kaki Pecah

Kita kerap menyepelekan kesehatan telapak kaki, yang telah berjasa membawa kita jalan-jalan ke banyak tempat. Kalau kaki sudah “mengeluh”, barulah ia mendapat perhatian. Salah satu keluhan yang sering muncul adalah kulit pecah-pecah. Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya hal itu:

  1. Bersihkan kaki sebelum tidur. Cuci kaki pakai sabun. Khususnya daerah kulit yang pecah-pecah. Sikatlah dengan sikat berbulu lunak. Gerakan menyikat usahakan searah dengan keretakan permukaan kulit.
  2. Bilas hingga bersih. Setelah disikat, bilas telapak kaki dengan air hingga bersih. Bersihkan kotoran berupa garis-garis berwarna hitam yang ada pada retakan kulit.
  3. Keringkan. Gunakan handuk untuk melap kaki hingga betul-betul kering.
  4. Beri obat antiseptik atau obat kulit. Telapak kaki yang sudah bersih dan kering kemudian diolesi obat. Usapkan obat kulit atau antiseptik pada kulit yang pecah-pecah dan sekitarnya.
  5. Lakukan secara rutin. Jikalau dilakukan secara rutin, lima hari kemudian kulit yang pecah-pecah akan mengering dan terkelupas. Setelah itu, kulit akan halus kembali.
  6. Cegah pecah kembali. Caranya, gunakan alas kaki saat beraktivitas. Biasakan mencuci kaki menjelang tidur. Segera bersihkan kaki bila kena kotoran, terutama bila terkena air kubangan atau lumpur.

Baik! Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat untuk menjaga keindahan dan kesehatan telapak kaki.

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!