Saturday, July 12, 2008

Tetap Bugar Selama Perjalanan



Anda sekeluarga berrencana untuk berlibur ke luar kota dengan mengendarai kendaraan sendiri? yah cara ini memiliki banyak kelebihan. Di antaranya, mengatur waktu selama perjalanan lebih fleksibel, mobilitas di daerah tujuan wisata lebih baik dan bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

Berikut beberapa tips agar perjalanan liburan dengan menggunakan mobil sendiri jadi menyenangkan :
  • Pastikan mobil dalam keadaan baik. Ada baiknya, kondisi mobil diperiksakan terlebih dahulu ke bengkel. Bila perlu lakukan perawatan menyeluruh supaya mobil tidak mengalami kerusakan selama dalam perjalanan dan waktu kita habis untuk memperbaiki mobil.
  • Sebaiknya kondisi fisik seluruh anggota keluarga dalam keadaan baik. Upayakan seluruh anggota keluarga cukup tidur dalam beberapa hari menjelang keberangkatan.
  • Makanlah makanan yang bergizi 2-3 jam sebelum keberangkatan. Tetapi makanan yang kita makan jangan terlalu berlemak, manis atau asam, untuk mencegah muntah selama perjalanan.
  • Usahakan mengendarai mobil tidak lebih dari 8 jam sehari, dan kalau diperlukan beristirahatlah setelah mengemudi 4 jam. Lakukan senam ringan saat beristirahat untuk mengendurkan otot-otot yang mulai tegang.
  • Untuk mencegah nyeri punggung selama perjalanan, duduklah dalam posisi tegak, tapi rileks.
  • Selama perjalanan, konsumsilah makanan ringan yang bisa memasok energi tubuh secara instant misalnya biskuit, coklat atau buah segar sebagai sumber vitamin yang bisa menjaga kebugaran kita. Dan jangan lupa untuk minum yang cukup selama dalam perjalanan
Selamat menikmati perjalanan liburan Anda.

No comments: