Saturday, July 19, 2008

Pandang Komputer Maksimal Dua Jam

Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat mata lelah. Bahkan, ada yang penglihatannya kurang jelas. Namun, banyak yang kurang menyadari hal itu.

Menurut dr.Hendrian D. Soebagjo SpM, orang yang setiap hari bekerja di depan komputer lebih dari setengah jam rawan mengalami gangguan fungsi makula (saraf penglihatan). "Hal ini mengakibatkan kurangnya ketajaman penglihatan sentral dan refleks warna," jelas spesialis mata dari RSU dr Soetomo Surabaya itu. Pekerja komputer harus berhati-hati. Semakin lama mereka terpapar cahaya komputer, kerusakan akan semakin besar.

Lalu, bagaimana merawat mata agar tetap sehat meski bekerja di depan komputer? Sebisanya, kata Hendrian, menatap komputer maksimal dua jam. Diselingi beristirahat 15 menit dan melihat jauh. "Artinya, mata benar-benar istirahat. Bukan untuk membaca ataupun menonton televisi," ujarnya.

Selain itu, usahakan secara refleks berkedip. Namun, ketegangan bekerja membuat seseorang tak berpikir untuk berkedip. "Menyiasatinya, memejamkan mata selama lima hitungan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeringan pada lapisan luar mata," jelasnya.

Usahakan juga mengatur jarak antara pengguna dan komputer. Yaitu, antara 35-60 cm, maksimal 70 cm. Pilih warna soft atau pastel untuk ruangan dan meja kerja. Pastikan ruangan mendapat cukup pencahayaan. "Bila ruangan mendapat cahaya langsung dari luar, dianjurkan menggunakan vertical blind (tirai) untuk membatasi sinar yang masuk," paparnya. Perhatikan juga layar monitor. Sebab, emisi radiasi dari layar membahayakan fungsi visual (tajam penglihatan) dan sistemik (pembuluh darah). "Jangan asal memilih layar komputer, perhatikan cara penggunaannya," jelas Hendrian.

No comments: